Cara Hemat Dan Menabung Yang Efektif Di Zaman Yang Semakin Susah

Tips Ampuh Dan Cara Cerdas Berhemat Dan Menabung

banguye.blogspot.com/2016/11/tips-ampuh-cara-hemat-dan-menabung-yang-efektif-di-zaman-yang-semakin-susah.html

Bang Uye - Tren dari segala bidang nampaknya telah 'menghipnotis' banyak orang untuk menjadi konsumtif dan berlomba-lomba memiliki gaya hidup yang tinggi. Mulai dari tren pakaian, jalan-jalan ke luar negeri, nongkrong bareng di kafe mewah, hingga punya aksesoris mahal yang harganya sama dengan satu mobil.

Gengsi, rasanya telah merasuk ke jiwa banyak orang. Akhirnya, sebagian dari mereka mati-matian berusaha menyamakan 'derajat' dengan orang lain yang hidup bermewah-mewah. Padahal, gengsi hanya akan membuatmu kian terjerat.

Sebenarnya, bagaimana sih cara menabung dan menghemat uang yang efektif?

Saya rasa itu common questions yang sering ditanyakan..

Banyak orang bilang kalau menabung itu semakin sulit dilakukan karena biaya hidup yang tiap hari semakin tinggi. Hal itu bisa jadi benar adanya.

Di sisi lain, menabung kelihatan tidak mungkin dilakukan karena cara pandang kita sendiri tentang penggunaan uang yang sempit. Kita sering membelanjakan banyak uang tanpa kita sadari, Hayo, ngaku!

Tahukah kamu, menabung itu sebenarnya gak bergantung sama pendapatan dan pengeluaranmu. Biar lebih gampang, saya coba rangkum beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merubah caramu dalam mengatur keuangan.

Berhentilah Berhutang

banguye.blogspot.com/2016/11/tips-ampuh-cara-hemat-dan-menabung-yang-efektif-di-zaman-yang-semakin-susah.html

Beberapa orang mungkin situasinya begini, “Gak mungkin menabung dalam keadaan seperti ini. Cicilan saya sudah cukup banyak.” Jadi, mereka pasti tidak akan berpikir untuk menabung.

Ayo! biasakan untuk menahan pengeluaran yang tidak perlu, seperti menahan diri untuk mengunakan kartu kredit, dan sebisa mungkin untuk tidak berhutang. Budayakanlah hidup HEMAT dalam keseharian kamu. Karena, pada akhirnya semakin kecil hutangmu, semakin besar kesempatanmu untuk bisa menabung.

Berita Paling Banyak Dibaca:

Semisal begini, bagi keluarga muda yang baru saja menikah, pasti mendambakan untuk punya mobil, tapi disatu sisi sebetulnya pada saat kamu mulai menikah dan keluarga banyak kebutuhan yang harus disiapkan. Seperti rumah, perabotan, perlengkapan bayi, dan sebagainya.
 

Lunasi Semua Hutang

Susunlah daftar semua hutangmu. Pikirkanlah strategi untuk mengurangi jumlah hutang tersebut. Salah satu cara realistis yang bisa dilakukan adalah fokus terhadap satu hutang sampai bisa terlunasi sepenuhnya. Pilihlah hutang yang paling kecil sebagai titik awalmu dalam usaha melunasi semua hutang.

Setiap bulan, buatlah target untuk meningkatkan usahamu dalam melunasi hutang. Sebagai contoh, jika bulan-bulan sebelumnya kamu bisa melunasi dua juta rupiah selama dua bulan, cobalah atur sedemikian rupa pengeluaran kamu supaya bisa menyisihkan lebih untuk membayar cicilan itu lebih cepat.

Selama proses ini stabil kamu lakukan, kamu konsisten menyisihkan pendapatan, pada akhirnya kamu dapat mengatasi dan melunasi semua hutang. Intinya adalah mindset dan fokus!

Dan setelah itu, kamu dapat memiliki kebebasan dalam pengaturan uang karena sudah terbebas dari lilitan hutang. Wohoooo!

Investasikanlah Modal yang Kamu Punya

Ayo berinvestasi. Salah satunya adalah dengan membeli rumah atau properti. Menyewakan rumah dapat dikategorikan sebagai investasi. Cara berpikirnya itu seperti ini: Uang yang kamu dapat dari menyewakan rumah selama 10 tahun misalnya, itu bisa digunakan untuk membayar hampir setengah dari biaya untuk memiliki rumah itu sendiri.

Tabung Dulu, Baru Belanja

Kita biasanya menentukan berapa uang yang bisa ditabung dengan menjumlah semua pengeluaran dan kemudian mengalokasikan sisanya untuk ditabung.

Itu sebenarnya cara terbalik. Prioritaskan tabungan terlebih dahulu sebelum membelanjakan uangmu. Hal yang paling penting adalah untuk tidak menganggap menabung sebagai hal yang terakhir untuk dilakukan. Sekali lagi, ini mindset!

Kurangi Gaji Bulananmu di Akun Bank untuk Ditabung

Buatlah akun bank yang secara otomatis mengurangi gajimu tiap bulan untuk ditabung. Dengan cara ini secara tidak langsung secara berkala menabung. Hal ini efektif loh, karena kebiasaan menabung itu sendiri dapat terpaksakan dari pengurangan gaji tiap bulannya.

Pikirkan Matang-Matang Setiap Pembelian

Sebelum melakukan pembelian, tanyakan kepada dirimu sendiri apakah pembelian tersebut itu dibutuhkan atau tidak?. Semisal, kamu yang suka ngopi, nongkrong setiap malam di coffeshop tentu saja boros.

Sesekali boleh dilakukan, namun biasakanlah meminum air putih karena itu lebih sehat dan gratis. Memilih pilihan pembelian yang lebih murah juga memungkinkanmu untuk bisa menabung. Ngopi aja di warung!

Menawar itu Perlu

banguye.blogspot.com/2016/11/tips-ampuh-cara-hemat-dan-menabung-yang-efektif-di-zaman-yang-semakin-susah.html

Kemampuan untuk bisa menawar harga barang adalah hal yang sangat berguna. Terutama dalam pembelian besar, itu Skill! Usahakan membeli barang di toko independen, ruko, maupun pasar. Biasanya mereka mau untuk menegosiasikan harga barang dan kamu bisa mendapat barang dengan harga yang lebih murah. Kadang gak harus beli sesuatu di Mall besar kan?

Membeli Barang Bekas

Sebelum menuju ke mall, cobalah cari barang yang kamu inginkan di toko barang bekas atau toko online macam…, yaa kamu pasti tahulah…

Kamu bisa mendapatkan barang yang kamu inginkan dengan setengah harga barang baru. Hanya saja, pastikan barang bekas yang kamu beli itu kualitasnya masih bagus karena kamu tidak mendapat garansi dari pembelian barang bekas.

Jangan Terpaku Pada Merek Terkenal

Lihatlah harga barang, bukan merknya. Merk yang tidak populer namun memiliki kualitas dan fungsi yang sama akan menghemat banyak pengeluaranmu.

Cari Pengganti Uang untuk Mendapatkan Barang yang Kamu Inginkan

Mau membeli barang yang harganya lumayan mahal? Akses website atau forum tertentu untuk mencari orang yang mau menukar barang yang kamu mau dengan barang yang kamu punyai.

Dengan menukar barangmu yang sudah jarang dipakai dengan barang yang kamu inginkan, kamu tidak perlu mengeluarkan uang tambahan. Semakin kecil kamu membelanjakan uang, semakin mudah kamu bisa menabung.

Pssttt.. coba kamu search grup di facebook, ada berbagai komunitas yang mereferensikan barang murah, search dengan kata kunci semisal: ‘Jual Beli Mobil Bekas Jakarta’ dan sebagainya. Pasti kamu belum coba?
  

Jangan Terpikat dengan Promosi yang Menipu

Cermati baik-baik promosi yang menyiasati konsumen untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan, atau membeli barang dalam jumlah banyak karena tawaran yang menggiurkan. Kamu tidak selalu untung ketika membeli 5 barang dengan hanya membayar 4 barang saja, jika yang kamu butuhkan itu cuma satu barang saja. Pokoknya hati-hati deh, terutama Ibu-ibu ini… 

Kurangi Kebiasaan Buruk yang Menghabiskan Banyak Uang

Mulailah dengan berhenti merokok, karena itu merupakan kebiasaan yang mahal dan tidak sehat. Banyak perokok menghabiskan satu bungkus per hari.

Sekarang jumlahkan harga satu pak rokok tersebut dalam waktu sebulan. Uang yang digunakan untuk memenuhi kebiasaan buruk tersebut dapat dipakai untuk hal lain yang lebih berguna, seperti melunasi hutang, atau bahkan untuk menabung.

Kebiasaan buruk itu tidak cuma merokok saja. Contoh lain adalah kebiasaan membeli fast food setiap harinya di kantor. Jika dihitung-hitung, uang yang dipakai akan lebih banyak jika dibandingkan dengan membawa makan siang sendiri dari rumah? Setuju? Ribet dikit gapapa, yang penting hemat!

Mulailah Mengasuransikan Diri Dari Sekarang

Memiliki asuransi diri (jiwa/kesehatan) memang membutuhkan biaya. Apalagi jika kamu baru mendaftar ketika sudah tua, karena biayanya akan lebih mahal dibandingkan ketika mendaftar waktu masih muda.

Usahakan memiliki asuransi secepatnya dengan pertimbangan biaya yang lebih murah. Manfaat yang didapat dari asuransi sangat membantu dalam menghindari pengeluaran tidak terduga dari hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga kamu dapat fokus untuk menabung dari pendapatan yang ada.

Menabunglah Emas, Jangan Uang!

banguye.blogspot.com/2016/11/tips-ampuh-cara-hemat-dan-menabung-yang-efektif-di-zaman-yang-semakin-susah.html

Banyak orang masih belum "ngeh" betapa ruginya menabung uang. Bunga untuk tabungan biasa dan bahkan deposito kecil banget, belum lagi uang kita setiap tahunnya digerogoti inflasi (naiknya harga barang dan jasa) sehingga uang kita jumlahnya memang kelihatan tambah banyak tetapi sebetulnya berkurang karena daya belinya tiap tahun terus turun.

Sudah bunganya kecil dicuri inflasi pula. Apes banget. Makanya bank ramah banget sama orang-orang yang gemar nyetor tiap minggu (biasanya pedagang) atau menaruh uangnya di deposito karena kalau saja mereka sadar bahwa jauh lebih menguntungkan menyimpan emas ketimbang menyimpan uang maka makin sedikit orang (atau bahkan tidak ada) yang membuka rekening deposito dan makin sedikit orang yang menambah saldo tabungannya! :)

Berita Paling Banyak Dibaca:
 
Lha bank aja menyimpan kekayaannya dalam bentuk emas batangan. Negara kita juga menyimpan cadangan devisa dalam bentuk emas batangan. Itulah..karena emas nggak terpengaruh inflasi dan harganya terus naik tinggi.

Inflasi apaan sih? Gampangnya begini aja: harga sebungkus Indomie sekarang berapa? Satu atau dua tahun lagi dari sekarang harganya udah berapa? Pasti naik lah, lumayan naiknya. Bukan cuma Indomie yang naik. Beras, bensin, tarif listrik, gula pasir, tepung terigu, ongkos loe cukur rambut atau ke salon (jasa nih), ongkos metro mini (jasa juga), semua naik.

Duit 10 ribu sekarang sama duit 10 ribu 2 tahun lagi udah terasa bedanya. Bahasa nenek gua: duit makin murah. Itulah inflasi. Inflasi di Indonesia cukup tinggi. Di bawah ini data inflasi Indonesia sejak tahun 1990 s/d 2010.

TAHUN     INFLASI             TAHUN      INFLASI
1990          9,93%                 2001          12,55%
1991          9,97%                 2002          9,92%
1992          5,05%                 2003          5,17%
1993          10,16%               2004          6,47%
1994          9,65%                 2005          17,07%
1995          8,98%                 2006          6,60%
1996          6,04%                 2007          6,59%
1997          10,31%               2008          10,23%
1998          7,00%                 2009          2,78%
1999          1,92%                 2010          6,96%
2000          9,35%                 2011          3,8%

Inflasi dari tahun 2001 sampai 2010 aja kalo dirata-ratakan berarti 8,4% per tahun. Nah lo!

Yuk kita lihat dulu bunga tabungan dan deposito di Bank BCA dan Bank Mandiri (data sampai Maret 2013). Tahapan BCA untuk tabungan 1 juta s/d 50 juta bunganya cuma 0,9%. Di bank BCA untuk deposito di bawah 2 milyar (1 tahun) bunganya 3,75%.

Di Bank Mandiri untuk tabungan 10 juta s/d kurang dari 100 juta bunganya 1,25%. Deposito di Bank Mandiri selama 1 tahun untuk 50 juta s/d kurang dari 100 juta bunganya 5%. Jadi kesimpulannya bunga deposito buat duit yang sedikit (kurang dari 100 juta) cuma 5% setahun atau kurang.

Payah, Di atas itu paling maksimal dikasih bunga cuma 5,25%. Belum dipotong inflasi, belum dipotong pajak bunga sebesar 20%. Ludes deh. Menyimpan uang di bank kok malah rugi? Baru tahu ya?

Tahu gak harga emas setiap tahunnya naik berapa? Di atas 20% cuy! Sejak 2001 harga emas naik 20-37%. Mantap! Lebih sip lagi emas nggak terpengaruh inflasi. 

Oya, emas lantaran juga bebas pajak. Coba kalo loe beli tanah, pasti kena pajak (PBB) yang lumayan setahunnya. Tapi emang sih, banyak orang lebih suka inves tanah karena untuk lokasi2 tertentu kenaikan harganya bisa lebih tinggi daripada emas.

Tanah juga di atasnya bisa dibangun usaha lain, yang paling gampang misalnya rumah sewa (rumah kontrakan). Tapi dari segi likuiditas alias gampang dicairkan, emas jelas lebih sip ketimbang tanah. Kalo sangat butuh uang, kita bisa jual emas 5 atau 10 gram aja misalnya. Lebihnya simpan terus. Membeli emas juga bisa dicicil, misalnya beli 1 gram atau 2 gram setiap bulan, tergantung penghasilan tiap bulan.

Nah kalo beli atau jual tanah? Tahu sendiri kan. Jadi kalo emang mau beli/inves tanah, sementara duitnya ditabung aja dulu dalam bentuk emas. Nanti kalo udah cukup buat beli satu area tanah inceran, beli deh. Beres.

Jadilah Orang Keren Yang Kaya Informasi Dan Share Berita Ini..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Hemat Dan Menabung Yang Efektif Di Zaman Yang Semakin Susah "

Post a Comment