Bosan Dengan Hidup, Aktivitas Dan Pekerjaanmu? Berikut Alasan Passion Untuk Gairah Hidupmu

Arti Passion Serta Manfaatnya Dalam Kehidupanmu 


Bang Uye - Dalam pengembangan diri dan karir, passion menurut saya memegang peranan sangat penting untuk terus menjaga kita antusias dan senang dalam setiap pekerjaan yang kita sukai. Passion, bukan hanya sebuah pekerjaan di mana kita bagus dalam mengerjakan itu, namun saat kita mengerjakannya maka kita mengerahkan seluruh ‘cinta’ yang ada dalam diri kita untuk mengerjakan itu.

Setiap orang memiliki passion mereka sendiri. Tidak perlu kita menjadi atau terus-menerus berada di bawah bayang-bayang orang lain. Kita memiliki permata diri yang siap diasah. Kita memiliki panggung di mana itu merupakan panggung yang memang disediakan untuk kita tampil. Kita memiliki karpet merah kita sendiri, di mana di karpet merah itu adalah simbol kita berjalan di sebuah jalur yang terhormat dan terpandang.

Namun, tanpa mengetahui apa passion kita, hal tersebut justru sulit dicapai. Kita tidak tahu di mana panggung ekspresi kita, kita tidak tahu hal apa yang harus kita kembangkan, kita tidak tahu apa yang menjadi karpet merah kita. Tulisan kali ini mencoba membantu Anda menemukan di mana passion Anda yang akhirnya mampu meningkatkan produktivitas dan kebahagiaan hidup Anda bahkan hingga 1000%.

Mereka yang hidup tanpa pemahaman passion, seringkali merasa hidup menjadi gersang dan membosankan. Pekerjaan yang dilakukan sepertinya monoton dan tidak mengasyikkan. Berbeda dengan orang yang bekerja berdasarkan passion nya. Tugas yang berat sekalipun akan tetap mampu membuat diri kita senang karena memang kita mencintai pekerjaan itu.

Merasa hidup tak ada tujuan? Merasa kehilangan semangat dalam waktu yang lama? Merasa lemas dan tidak memiliki keinginan yang menggebu? Bahkan tidak memiliki mimpi untuk dicapai? Seperti zombie yah, tapi bukan berarti kamu mayat hidup. Itu tandanya hidupmu sedang tidak bergairah. Salah satu obatnya adalah melakukan apa yang menjadi passionmu atau lakukanlah apa yang kamu sukai.

Di bawah ini ada beberapa alasan mengapa passion penting untuk gairah hidupmu :

Membuatmu Selalu Belajar Menjadi Lebih Baik

 

Mengerjakan sesuatu sesuai dengan passion membuatmu selalu menghabiskan waktu lebih banyak dan membuatmu selalu ingin belajar mengenai seluk beluk passion yang kamu kerjakan. Misalnya saja, saya memiliki passion untuk menulis fiksi.

Saya selalu bersemangat untuk belajar dan mengetahui seluk beluk penulisan mulai dari membaca buku-buku tips menulis kreatif, membaca bertumpuk-tumpuk novel, dan membaca berbagai artikel tentang menulis fiksi. Semua itu menjadikan saya penulis yang lebih baik dari saya yang sebelumnya.

Membuatmu Selalu Ingin Mengerjakannya Walau Tidak Dibayar

Saat orang bekerja maka orientasinya adalah gaji atau bayaran. Namun tidak jarang juga ada yang merasa terpaksa melakukan pekerjaannya. Bahkan tidak sedikit orang yang membenci pekerjaan mereka saat ini. Salah satu buktinya adalah quotes “I Hate Monday”. Bisa jadi, sebenarnya bukan hari Seninnya yang dibenci, tapi pekerjaannya.

Rasa terpaksa membuat kamu mengerjakan setengah-setengah apa yang sedang kamu lakukan. Hasilnya pun kurang maksimal. Tapi, jika kamu melakukan apa yang kamu cintai atau yang menjadi passionmu, maka kamu akan rela melakukannya tanpa dipungut bayaran. Dan hasil pengerjaannya tentu saja jauh lebih baik dari yang dikerjakan secara terpaksa.

Mengurangi Stres


Rutinitas yang selalu sama dari hari ke hari. Pekerjaan di kantor yang menguras tenaga atau tugas kuliah yang membuatmu mengerjakannya dari pagi hingga larut malam membuat pikiran penat dan hidup rasanya tidak lagi menyenangkan. Itu merupakan ciri dari gejala stres. Melakukan apa yang menjadi passion, sangat membantu mengurangi resiko terkena stres.

Karena dengan melakukan apa yang menjadi passion mu, maka kamu melakukan apa yang kamu cintai, dan tentu saja itu menyenangkan dan membuatmu lebih bahagia. Saat kita bahagia tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang membuat kamu lebih santai dan membuat seluruh otot syaraf menjadi lebih rileks.

Meningkatkan Kreativitas


Dengan melakukan apa yang menjadi passionmu, maka kamu sudah melakukan hal yang tepat untuk meledakkan dan meningkatkan kreativitas. Karena dengan melakukan hal yang kamu sukai, maka kamu akan lebih “niat” dalam mengerjakannya.

Lebih banyak mencari informasi tentang yang kamu sukai, lebih banyak menghabiskan waktu untuk melakukannya, dan yang lebih penting lagi membuatmu lebih bahagia saat mengerjakannya. Ide dan pikiran-pikiran yang baru akan muncul dengan sedirinya. Sehingga hidupmu tidak monoton dan tidak lagi membosankan.

Membuatmu Berani Menghadapi Tantangan

Passion membuat kita memiliki target yang jelas dan menantang saat mengerjakannya. Karena orang yang menyukai sesuatu cenderung memiliki target untuk menjadi lebih baik dalam mengerjakan hal yang disukainya.

Contohnya jika memiliki passion memasak. Biasanya kita belajar dari yang mudah terlebih dahulu. Contohnya memasak nasi. Setelah menguasainya, kita tidak hanya diam sampai disitu saja. Tapi memiliki target yang lain dan lebih sulit, misalnya membuat nasi goreng yang enak.

Setelah menguasainya kita masih ingin belajar memasak masakan lain, begitu seterusnya sehingga kita memiliki target yang lebih sulit. Tanpa kamu sadari dengan melakukan apa yang kamu suka, membuatmu ketagihan dengan target yang lebih tinggi dan lebih sulit ditaklukkan.

Membuatmu Menghargai Diri Sendiri

Kamu termasuk orang yang minder dan tidak percaya diri? Coba lakukan apa yang kamu sukai dengan rutin. Lakukan apa yang menjadi passionmu. Dengan begitu kamu akan melatih dirimu menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Selain itu membuatmu tau bahwa kamu memiliki kelebihan yang tidak orang lain miliki. Semakin sering kamu melakukannya, maka kemampuanmu akan meningkat dan lebih bangga pada dirimu sendiri.

Membuatmu Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Melakukan sesuatu yang kamu cintai dan mendapatkan uang dengan melakukannya? Apa bukan surga namanya? Tanpa dibayarpun kita tetap akan melakukan apa yang kita sukai. Ditambah lagi mendapatkan penghasilan tambahan dari melakukannya? Wah itu malah membuatmu makin bersemangat kan?

Sudah banyak sekali orang-orang yang melakukan apa yang mereka suka dan dibayar. Bayarannya sebanyak apa? Banyak deh pokoknya, banyak! Sudah tidak terhitung orang-orang menjadi kaya raya akibat passion mereka. Dari mulai menulis, memasak, olahraga, bahkan bermain game.

Bermain game bisa mendapatkan uang? Contoh nyatanya adalah Felix Kjellberg. Cowok yang doyan bermain game ini selalu mengupload game yang ia mainkan ke Youtube dengan nama akun Pewdiepie. Ia mendapatkan penghargaan sebagai fastest growing channel dengan subscribers mencapai 42juta (Februari 2016)!

Wow! Ia mendapatkan pundi-pundi uang dari iklan yang muncul saat orang menonton videonya. Bayangkan saja tiap hari ia mengupload video, dan penontonnya selalu mencapai jutaan. Tidak terbayangkan berapa uang yang dia hasilkan dengan melakukan apa yang menjadi passionnya.

Nah, tadi adalah alasan-alasan yang bisa membuat hidupmu menjadi lebih hidup dengan melakukan apa yang menjadi passionmu. Sudahkah kamu melakukan apa yang kamu sukai? Jika belum, segeralah lakukan agar hidupmu lebih bergairah!

Silahkan Share Berita Dan Info Ini Jika Kamu Merasa Bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bosan Dengan Hidup, Aktivitas Dan Pekerjaanmu? Berikut Alasan Passion Untuk Gairah Hidupmu"

Post a Comment