Sudah Makan Banyak Tapi Tetap Kurus? Kenapa?




Ini memang terdengar tidak adil, bukan? Di saat sebagian orang berusaha keras untuk mengendalikan berat badan mereka, beberapa malah tetap memiliki tubuh yang ramping meski banyak makan.

Diperkirakan antara 60 sampai 70 persen dari berat tubuh kita ditentukan oleh gen. Namun sayangnya, para ilmuwan baru mengidentifikasi kurang dari seperlima dari gen di tubuh manusia.

Profesor Michael Cowley, kepala Obesity and Diabetes Institute di Monash University, mengatakan bahwa faktor lingkungan seperti berapa banyak kita makan dan jumlah aktivitas fisik yang kita lakukan setiap hari menentukan sekitar 30 sampai 40 persen dari berat badan kita.

Michael juga menambahkan bahwa sebagian orang membawa "gen gemuk" yang membuat mereka mudah mengalami kenaikan berat badan walau hanya makan sedikit. Sebaliknya, sebagian lainnya memiliki gen yang membuat mereka tetap langsing meski tidak diet.

"Gen itu mempengaruhi nafsu makan, yang membuat mereka makan lebih sedikit atau memberi sinyal kapan mereka merasa kenyang, serta memungkinkan untuk meminimalisir penyimpanan lemak di tubuh dan cenderung mengubahnya menjadi energi," jelasnya kepada abc.net.au.

Bagi Anda yang sulit kurus, jangan berkecil hati. Tetap rajin berolahraga dan atur pola makan Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sudah Makan Banyak Tapi Tetap Kurus? Kenapa?"

Post a Comment