11 Tips Dan Cara Memilih Kos Yang Baik Aman Nyaman


Bang Uye - Mendengar kata kost atau yang paling sering disebut ngekost pasti sudah tidak asing lagi bagi kita semua bukan, apalagi bagi anak-anak kuliahan, ngekost merupakan suatu tradisi dalam menunjang menuntut ilmu di perguruan tinggi, kost atau ngekost sendiri sebenarnya adalah suatu tempat berteduh sementara, berupa kamar yang disewa pada rumah atau gedung yang telah disediakan khusus untuk disewakan kamarnya saja.

Buat orang yang sedang merantau, mencari kamar kost adalah sesuatu yang harus dilakukan. Banyak orang mengatakan paling malas kalau untuk urusan yang satu ini. Alasannya sederhana, mencari kamar kost itu lebih ribet dari cari pacar. Kalau cari pacar, tentukan kriteria, pedekate, tembak, jadian. Kalau ada yang punya, ya rayu–rayu dikit bisalah doi ninggalin pacarnya buat kita. Nah kalau cari kamar kost, dah dapet yang cocok tapi ada yang punya? Gak mungkin kita usir kan?

Tapi memang untuk mendukung kehidupan dan kegiatan kita di perantauan, kamar kost itu haruslah jadi tempat yang nyaman dan bikin kita betah. Kalau bisa sih, jangan sampai tiap semester pindah–pindah kost. Soalnya packing berkali–kali untuk pindahan itu sangat membosankan. Kecuali barang Kamu sedikit, jadi gak terlalu ribet untuk pindahannya.

Hal-hal Yang Wajib Dan Perlu Kamu Perhatikan Dalam Memilih Kos-kosan

Nah biar Kamu bisa memilih kamar kost yang nyaman dan bikin betah, ada baiknya Kamu bikin list kriteria kamar kost yang Kamu mau. Tapi jangan lupa, pastikan dulu budget Kamu diatas ditambah kriteria–kriteria yang Kamu inginkan. Nah ini beberapa kriteria dari Bang Uye yang mungkin berguna bagi Kamu:

1. Akses Jalan

Bang Uye sangat merekomendasikan ini agar Kamu bisa memilih rumah kost yang dekat dengan akses jalan utama, karena dengan memiliki akses dekat ke jalan utama maka aktivitas Kamu seperti berangkat kuliah atau kerja akan lebih mudah dilakukan. Disamping itu Kamu juga bisa menggunakan berbagai macam sarana transportasi yang tersedia di jalan utama seperti angkot, bus dan sebagainya.

Akses jalan yang perlu Kamu perhitungkan lainnya adalah jalan yang bagus seperti beraspal misalkan, lebih bagus dibandingkan jalan yang belum diaspal sama sekali, karena dengan jalan yang bagus lebih memudahkan dan mempersingkat waktu perjalanan Kamu, kan ga mungkin dijalanan yang berlubang Kamu paksa kecepatan motor Kamu hingga 80km/jam, yang ada bisa guling-guling Kamu bersama motor Kamu.

2. Lokasi Kost Dengan Aktivitas

Lokasi adalah kriteria utama ketika Kamu mencari kost. Untuk mempermudah aktivitas, maka Bang Uye sarankan memilih kost yang tidak terlalu jauh dengan kampus atau kantor. Tujuannya adalah agar dapat menghemat waktu Kamu di perjalanan, jadi tidak perlu berangkat lebih awal. 

Selain itu, lokasi kost yang dekat dapat memudahkan Kamu untuk pulang ke kamar kost dan istirahat sejenak sambil menunggu jam kuliah berikutnya atau waktu istirahat kerja Kamu berakhir.

3. Keamanan Tempat Kost

Ini dia hal yang harus Kamu selidiki betul, biasanya ada tempat kost yang harga sewanya murah banget tetapi hanya jebakan, mungkin yang punya kost komplotan pencuri, atau memang disitu rawan tindak kejahatan, hal-hal yang tidak di sangka bisa saja terjadi.

Oleh sebab itu Kamu perlu memperhatikan betul tentang faktor keamanan tersebut, alternatifnya sebelum mengambil tempat kost tersebut alangkah baiknya Kamu bisa bertanya dengan teman Kamu, ketua RT tempat kost tersebut, atau tetangga-tetangga tampat kost tersebut tentang keamanan tempat kost tersebut.

4. Pastikan Kamar Kost Cukup Sehat

Bersih pangkal sehat, jadi kamar kost yang bersih dan sehat tergantung dari penghuninya. Memang itu adalah pendapat yang sangat benar. Tapi ada beberapa unsur kamar yang sehat, yang bukan tergantung dari penghuninya. Unsur tersebut adalah pasokan sinar matahari dan pertukaran oksigen atau udara.

Pastikan kamar kost kamu dapat menerima cahaya matahari yang cukup serta memiliki ventilasi udara yang memadai. Dari referensi yang 
Bang Uye dapat pernah ada laporan tinggal di kamar kost yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Akibatnya kamarnya lembab, mudah berjamur dan terasa cukup pengap.

5. Fasilitas Kamar

Kamar kos yang baik itu tidak sempit namun juga tidak terlalu luas. Sekitar 3x3 meter sudah jadi tempat yang pas buat Kamu menghabiskan waktu. Selain itu seperti yang sebutkan diatas pilihlah kamar yang memiliki jendela sehingga sirkulasi udara di dalam kamar tidak pengap.

Perhatikan juga listrik, cari kos-kosan yang tidak perlu menambah listrik karena namanya anak kos terutama mahasiswa pasti akan membawa banyak barang elektronik seperti laptop, setrika hingga rice cooker.

6. Fasilitas Lingkungan Kos

Setelah fasilitas dalam kamar sudah cocok kamu juga perlu mengecek fasilitas di luarnya. Seperti kamar mandi, apakah bersih atau tidak, airnya mengalir terus atau tidak. Gak mau kan pas Kamu lagi terburu-terburu mandi eh airnya habis? Selain itu jika Kamu membawa kendaraan, faslitas seperti garasi yang luas juga harus ada.

7. Mau Ngirit? Cari Kosan Yang Ada Dapurnya

Sebagai anak kos kita tentunya harus dituntut untuk berhemat. Makanya Kamu butuh dapur untuk memangkas biaya makan. Dapur ini bisa kamu gunakan untuk memasak telur, sayur, mie instan atau lauk lainnya. Untuk beras tinggal bawa saja dari kampung dan juga jangan lupa rice cookernya.

8. Harga

Nah ini penting juga, setelah melihat-lihat fasilitasnya Kamu harus pertimbangkan juga harganya. Beberapa kos biasanya menerapkan harga per tahun, per tiga bulan dan per bulannya. Sebagai pemula lebih baik kamu pilih harga per bulan atau tiga bulan untuk mengetahui lingkungan masyarakat di kosmu. Setelah betah Kamu bisa lanjutkan untuk harga setahun.

9. Cari Yang Ada Ibu Kos Dan Penjaganya

Meskipun image ibu kos terdengar seram, namun beliau-beliau ini harus tetap ada mengontrol Kamu. Kamu dilepas orangtua ke perantauan itu untuk belajar, jangan sampai menyalahgunakan kepercayaan mereka. 

Makanya harus ada ibu kos biar Kamu tidak kebablasan. Jika tidak ada, setidaknya cari yang ada penjaganya. Lagipula ada ibu kos juga bisa menambah rasa aman Kamu di kos jika ada sesuatu.

10. Dekat Dengan Warung Atau Penyedia Kebutuhan Hidup

Saat indekost, terkadang Kamu akan di haruskan untuk membeli kebutuhan hidup sendiri, misalnya makanan, minuman, dan sebagainya. Oleh karena itu, sangat di rekomendasikan untuk menempati rumah kost yang dekat dengan warung, toko alat tulis dan kantor, penyedia jasa fotokopi atau minimarket.

Jadi, Kamu tidak perlu jauh-jauh untuk membeli kebutuhan Kamu sebagai pelajar atau mahasiswa. Cukup jalan kaki udah sampai ketempat tujuan, daripada harus naik kendaraan pribadi, ‘kan bisa menghemat bensin. Hehehe..

11. Pilih Rumah Kost Yang Tenang

Menjadi pekerja dan mahasiswa mewajibkan Kamu untuk bisa beristirahat dan belajar dengan cukup. Kamu pasti tidak ingin terganggu dengan kebisingan atau keributan (misalnya tetangga dangdutan tengah malam, ngobrol sampai pagi, dan sebagainya) mengganggu ketenangan tidur atau aktivitas belajar.

Nah, oleh karena itu usahakan untuk memilih rumah kost di lingkungan yang tenang, agar Kamu bisa belajar dan beristirahat dengan nyaman.

12. Lingkungan Teman Kos Yang Baik

Cari teman kos yang baik, asyik dan nyaman. Dengan memilih-milih teman kos membuat kamu merasa betah untuk tinggal disana, disamping itu, jangan sampai ke terjerumus ke dalam lingkungan pertemanan yang bebas dan kebablasan.

Dapat teman kos yang baik juga banyak manfaatnya, seperti kamu bisa nebeng pergi kerja atau kuliah. Buat pelajar/mahasiswa cari kos-kosan yang di dalamnya banyak anak kuliah, syukur-syukur bisa sejurusan dengan Kamu. Jadi Kamu bisa saling belajar bersama atau bertukar materi pelajaran. 


Banyak yang menjadi pertimbangan bagi seseorang dalam memilih kost. Namun, secara umum tips di atas adalah faktor utama yang sangat menentukan keberlangsungan hidup Kamu di kost. Sekian artikel tentang tips cara memilih tempat kost yang baik dan benar, semoga bisa menjadi referensi dan inspirasi bagi kita semua.

Baca Juga Artikel Favorit Bang Uye lainnya:


Pesan Bang Uye

1. Buat kamu yang sudah membaca artikel ini Bang Uye sangat mengucapkan terima kasih bila kamu mau share artikel ini di facebook atau di twitter kamu

2. Dan buat kamu yang ingin mengambil isi artikel ini Bang Uye sangat berharap kamu melampirkan sumbernya dari website ini

Tolong Hargai Karena Untuk Membuat Artikel Tidaklah Mudah Dan Membutuhkan Ide Dan Waktu Yang Banyak

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Tips Dan Cara Memilih Kos Yang Baik Aman Nyaman"

Post a Comment