Penyebab Tangan Sering Berkeringat Atau Basah Dan Cara Pencegahan

Penyebab Tangan Sering Berkeringat Atau Basah Dan Tanda Penyakit Serta Cara Pencegahan


Bang Uye - Telapak tangan yang mengeluarkan keringat berlebih seringkali menyebabkan orang merasa gelisah. Betapa tidak, banyak artikel dan anggapan umum banyak orang yang mengaitkan telapak tangan (yang sering) basah oleh keringat dengan penyakit-penyakit seperti jantung atau ginjal.

Selain kekhawatiran terkait penyakit tertentu, telapak tangan dengan keringat berlebih juga cukup mengganggu, pasalnya bagi yang harus menggunakan tangannya untuk mencatat, tangan yang basah membuat kenyamanan dan kelancaran kegiatan terganggu.

Telapak tangan yang sering basah/ berkeringat belum tentu mengidap sakit jantung. Sakit jantung biasanya disertai gejala-gejala lain. Keadaan berkeringat berlebihan di saat temperatur sedang tidak panas atau saat tidak olah raga atau disebut Hyperhidrosis.

Untuk telapak tangan yang berkeringat berlebihan dalam istilah medis disebut dengan Palmar Hyperhidrosis. Kondisi ini tak jarang membuat penderitanya menjadi jengkel, malu, minder saat berjabat tangan dan juga dapat berdampak negatif terhadap kehidupan sosial, pendidikan, dan karier seseorang.

Selain telapak tangan, keringat berlebih biasanya juga terjadi pada wajah, ketiak dan telapak kaki. Istilah medis telapak kaki yang berkeringat berlebih disebut Plantar Hyperhidrosis.

Ada apa dengan telapak tangan berkeringat?

Keluhan mengenai telapak tangan yang berkeringat bisa bervariasi; mulai dari yang biasa saja; dalam artian keringat yang keluar tidak begitu banyak; hingga mereka yang telapak tangannya berkeringat dengan frekuensi tinggi. Pada kenyatannya, kondisi semacam ini memang bisa berbeda-beda tergantung pada penyebabnya.

Dalam beberapa kasus, telapak tangan berkeringat menandakan adanya masalah di organ-organ tertentu di dalam tubuh. Namun, pada kasus lainnya, gejala ini tergolong normal, hanya merupakan respon normal dari tubuh seseorang.

Penyebab Berdasarkan Kondisi Kenapa Tangan Kamu Bisa Berkeringat Atau Basah (Hyperhidrosis)

Pertama mari kita bahas dulu apa penyebab dan kenapa tangan kamu bisa berkeringat atau basah. Berikut informasi yang Bang Uye rangkum dari beberapa ahli untuk kamu.

1. Merasa Cemas

Pernah mungkin mengalami rasa cemas berlebihan, ketika kamu memikirkan sesuatu hal yang tidak kamu inginkan terjadi, oleh sebab itu tentu kamu akan merasakan cemas, justru ketika kamu cemas maka syaraf simpatik tidak akan befungsi normal, saraf simpatik ini merupakan salah satu syaraf yang mengeluarkan kelenjar keringat dan bertugas untuk merangsang sekresi glukosa pada hati. Jadi jangan sampai rasa cemas berlebihan ini membuat hati menjadi rusak.

2. Merasa Ketakutan

Ketika sedang dirumah sendiri atau dimanapun berada namun sedang sendirian ada kalanya merasakan ketakutan, kadang ketakutan itu akan membuat cepat lelah dan jantung berdebar hingga akan membuat saraf simpatik tidak normal fungsnya, itulah yang menyebabkan mengapa keringat sangat banyak dikeluarkan pada telapak tangan, karena kelenjar keringat tidak berfungsi dengan baik, dan kelenjar keringat tidak dapat mengeluarkan keringat dengan baik. Jadi keringat sangat banyak. Oleh sebab itu, ketika sedang merasa ketakutan, berusahalah untuk selalu tenang agar jantung tidak terus berdebar-debar

3. Grogi

Ketika sedang didepan umum, apalagi di depan banyak orang yang sama sekali tidak dikenal, pasti akan merasakan grogi juga, atau ketika kamu akan ujian atau hal lain sebagainya, grogi ini terkadang akan ditandai dengan keringat pada telapak tangan membanyak dan jantung yang berdebar-debar sangat kencang, dan lain sebagainya. Sehingga menyebabkan gagap dalam berbicara. Hal ini tentu dikarenakan adanya syaraf yang tidak berfungsi dengan normal sehingga keringat pada telapak tangan akan tampak lebih banyak.

4. Gangguan Sistem Saraf Simpatik

Yang paling inti penyebab dari keluarnya keringat yang berlebihan dari telapak tangan adalah karena adanya gagguan sistem saraf simpatik, karena sistem saraf simpatik memang berfungsi untuk mengatur kelenjar minyak yang akan dikeluarkan melalui kulit, dengan demikian ketika kelenjar minyak ini mengalami gangguan maka keringat yang dikeluarkan pun tidak stabil sehingga menyebabkan overload dalam pengelarannya ditelapak tangan.

Penyebab Berdasarkan Tanda Penyakit

  1. Gangguan hormon, misalnya sakit gondok
  2. Gangguan metabolisme, misalnya gula darah drop, kencing manis
  3. Penyakit saraf
  4. Penyakit jantung
  5. Penyakit keganasan
  6. Infeksi, seperti: TBC/ flek paru
  7. Menopause
  8. Obat-obatan, misalnya obat untuk jantung Propanolol
  9. Keadaan demam
  10. Pecandu alkohol berat
  11. Kelainan kelenjar keringat
  12. Kelainan saraf
  13. Kelainan pembuluh darah
  14. Stress psikologis

Tips Untuk Mengatasi Gejala Tangan Yang Berkeringat Atau Basah

Beberapa tips tersebut antara lain adalah:

1. Pahami Penyebabnya

Tips pertama yang dilakukan untuk mengatasi masalah telapak tangan basah akibat keringat adalah mencari tahu penyebabnya. Coba kamu cek kondisi seperti ini seperti Bang Uye paparkan diatas tadi, karena biasanya seseorang mengalami masalah telapak tangan basah hanya sementara waktu saja atau ketika mengalami kondisi tertentu, seperti cemas, takut, dsb.

Namun terkadang ada pula orang yang mengalami hal ini tanpa bisa mengendalikannya. Hal ini terjadi karena sistem saraf yang tidak sadar dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya, serta sinyal yang salah dikirim dari otak ke saraf keringat. Nah, penyebab telapak tangan yang berkeringat ini perlu dicari tahu lebuh dahulu.

2. Menghindari Stres

Khusus untuk kamu yang telapak tangannya berkeringat dalam jumlah banyak serta sering terjadi, dan terlihat ada tanda- tanda ketidaknormalan, maka kamu perlu menghindarkan diri dari stress. Stress yang berlebihan akan menyebababkan telapak tangan ini semakin mudah untuk berkeringat karena mengganggu saraf yang ada.

3. Bawalah Selalu Sapu Tangan

Membawa sapu tangan di saku akan memudahkan untuk mengeringkan keringat di telapak tangan. Hal lain yang bisa kamu gunakan adalah produk antiperspirant untuk tangan dan kaki. Produk ini akan menjaga tangan dan kaki tetap kering.

4. Menghindari Pengkonsumsian Alkohol

Alkohol merupakan kandungan pada cairan yang menimbulkan dampak tidak baik bagi kesehatan. Alkohol ini juga disinyalir menjadi salah satu penyebab terjadinya telapak tangan yang basah akibat keringat. Oleh karena alkohol ini dapat juga merusak saraf apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan dalam jangka waktu lama. Oleh hal itu, bagi yang merasa telapak tangannya mudah basah, kamu sebaiknya menjauhkan diri dari alkohol ini.

5. Pola Hidup Sehat

Hidup dengan cara yang sehat memang bisa menjauhkan diri dari resiko terkena berbagai penyakit. Begitu pula dengan gejala telapak tangan yang basah ini. Oleh karena itu perlu bagi kita untuk menerapkan pola hidup sehat. Agat kita terhindar dari resiko terkena berbagai peyakit. Pola hidup sehat yang dapat diterapkan antara lain seperti olahraga teratur, serta makan banyak sayur dan juga buah.

Penanganan Lain Yang Dapat Kamu Lakukan

  1. Mandi secara rutin untuk menghilangkan bakteri dan mikroorganisme
  2. Jaga rasa percaya diri dalam menghadapi segala situasi
  3. Keringkan kaki kamu setelah mandi/berendam/terkena air
  4. Selalu ganti sepatu kamu terutama saat berada dalam kondisi lembab
  5. Gunakan kaos kaki yang tepat dan menyerap keringat
  6. Keringkan atau angin-anginkan kaki kamu (jangan gunakan sepatu terus menerus sepanjang hari)
  7. Kenakan pakaian yang terbuat dari bahan alami dan menyerap keringat
  8. Hindari stress karena dapat memicu keringat yang berlebih

Kapan Kamu Harus Ke Dokter?

  1. Kamu berkeringat berlebih sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari
  2. Kamu tiba-tiba berkeringat lebih banyak dari biasanya
  3. Kamu sering mengalami berkeringat di malam hari tanpa alasan yang jelas

Jika kamu memiliki pengalaman telapak tangan berkeringat yang terlihat tidak normal dibandingkan dengan orang lain, tidak ada salahnya kamu waspada. Memeriksakan diri ke dokter adalah solusi lanjutan yang tepat untuk kasus ini.

Baca Juga:
  1. Manfaat dan Keuntungan Ngeblog
  2. 11 Kriteria Calon Suami Yang Pantas di Nikahi
  3. Tanda Tanda Ketika Rasa Cinta Mulai Berkurang
  4. Cara Mempercepat Loading Blog
  5. Alasan Mengapa Pria Tertarik Dengan Wanita Yang Lebih Tua

Punya Info Tambahan Untuk Masalah Tangan Sering Berkeringat Silahkan Tambahin Di Kolom Komentar Nanti Bang Uye Update..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Tangan Sering Berkeringat Atau Basah Dan Cara Pencegahan "

Post a Comment