Penyebab Dan Bahaya Jerawat Punggung Serta Cara Pencegahan Dan Pengobatan

Jerawat Punggung: Penyebab, Bahaya Serta Cara Pencegahan Dan Pengobatan


Bang Uye - Segala sesuatu tentang jerawat pada masa kini memang cukup membuat orang dari berbagai macam kalangan merasakan dampak psikologis akibat jerawat, yaitu rasa stress, depresi, dan rasa percaya diri yang menurun drastis.

Hal tersebut cukup dimaklumi karena memang adanya jerawat di anggota tubuh kita akan mengganggu penampilan kita secara keseluruhan. Mungkin Kamu sudah mengetahui berbagai penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal, serta penyebab jerawat di bagian tubuh semisal wajah, ataupun punggung.

Namun apakah Kamu bertanya-tanya tentang penyebab timbulnya jerawat di badan? Lalu bagaimanakah cara menghilangkan jerawat di badan? Jika Kamu memiliki pertanyaan tersebut, maka baca artikel ini hingga selesai ya.

Penyebab Jerawat Muncul Di Punggung Dan Dada

Sebelum kita mengulas cara mengobati jerawat di punggung ada baiknya kita juga tahu penyebabnya berikut ini :
1. Keringat

Keringat yang keluar karena aktifitas berat seperti olahraga atau kegiatan lain diluar ruangan akan membuat punggung jadi lembab sehingga memicu munculnya jerawat, apalagi jika Kamu kurang menjaga kebersihan tubuh Kamu sendiri.
2. Memakai Kondisioner

Kondisioner memang dipakai pada rambut namun kandungan silikon pada kondisioner juga dapat memicu timbulnya jerawat. Oleh karenanya saat menggunakan kondisioner usahakan jangan sampai mengenai kulit punggung Kamu.
3. Memakai Pelembut dan Pewangi Pakaian

Pelembut atau pewangi pakain juga dapat memicu timbulnya jerawat, itu karena pada tipe kulit tertentu tidak cocok dengan bahan pewangi atau pelembut pakaian sehingga menimbulkan iritasi yang dapat mengakibatkan jerawat.
4. Penggunaan Tas

Tas sebenarnya bukan merupakan salah satu penyebab jerawat namun penggunaan tas dengan beban yang berat mampu menghambat keringat dan membuatnya terkunci pada bagian tubuh tertentu sehingga dapat memicu timbulnya jerawat. Jika Kamu memakai tas sebaiknya memilih tas dengan tali yang tipis.

5. Pemakaian Pakaian Yang Kurang Tepat

Jerawat dipunggung atau dada juga bisa dipengaruhi oleh penggunaan pakaian yang kurang sesuai. Misalnya menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau dari bahan-bahan yang tidak mudah menyerap keringat dan mudah panas.

Berbagai Bahaya Jerawat di Punggung

Nah, setelah Kamu mengetahui berbagai penyebab yang membuat jerawat di punggung bisa muncul. Walaupun mungkin Kamu menganggap bahwa jerawat di punggung merupakan hal yang biasa dan tidak membahayakan, namun tahukah kamu bahwa sebenarnya timbulnya jerawat di punggung merupakan suatu indikasi atau petanda akan adanya gangguan atau bahaya yang mengintai tubuh Kamu?

Nah, berikut ini merupakan ulasan berbagai macam bahaya dari timbulnya jerawat di punggung Kamu:

1. Kulit Mengalami Iritasi

Faktor bahaya pertama yang menandai munculnya jerawat pada punggung Kamu adalah kemungkinan bahwa Kamu terkena iritasi pada kulit Kamu.

2. Pertanda Punggung Menanggung Beban Terlalu Berat

Faktor bahaya akan munculnya jerawat di punggung yang kedua adalah adanya suatu kemungkinan bahwa punggung Kamu telah menanggung beban yang cukup berat. Biasanya, jerawat-lah yang kemudian muncul sebagai pertanda bahwa Kamu perlu mengurangi untuk membawa beban yang berlebihan dan menumpukan beban tersebut pada punggung.

3. Adanya Kelainan Hormon

Faktor bahaya ketiga akan munculnya jerawat di punggung adalah adanya kemungkinan bahwa Kamu menderita kelainan hormon, apalagi jika Kamu mengalami jerawat di punggung yang berkelanjutan, walaupun sebenarnya Kamu sangat perhatian dengan kebersihan kulit Kamu. Nah, biasanya orang yang memiliki ciri-ciri jerawat hormon juga akan mengalami masalah jerawat yang berkelanjutan di wajah dan juga di dada maupun di punggung.

4. Gejala Terbentunya Limpoma

Faktor bahaya keempat akan munculnya jerawat di punggung adalah adanya kemungkinan bahwa ada limpoma yang terbentuk di punggung anda. Lalu, apakah yang dimaksud dengan limpoma? Limpoma adalah benjolan menyerupai jerawat yang terbentuk sebagai akibat pertumbuhan lemak yang lambat diantara kulit dan lapisan otot. Nah, limpoma ini biasanya lunak dan dapat berpindah-pindah jika Kamu pencet dengan jari. Namun, Kamu patut mengingat bahwa Kamu tidak diperkenankan untuk memencetnya terlalu keras jika Kamu tidak ingin mengalami efek akibat jerawat dipencet.

5. Terbentuknya Abses

Faktor bahaya kelima akan munculnya jerawat di punggung Kamu adalah adanya kemungkinan bahwa ada abses yang terbentuk di punggung Kamu. Abses merupakan kumpulan nanah yang terkumpul di suatu titik bagian tubuh Kamu, termasuk juga punggung, sehingga akan menimbulkan pembengkakan menyerupai jerawat bernanah. Nah, abses ini terjadi karena reaksi alami dari tubuh Kamu sebagai perlawanan terhadap adanya infeksi yang menyerang bagian tubuh tertentu. Biasanya, infeksi pada tubuh sehingga terbentuk abses ini disebabkan oleh bakteri.

6. Faktor Kelainan Genetik

Faktor bahaya keenam akan munculnya jerawat di kulit punggung Kamu adalah adanya kemungkinan bahwa Kamu memiliki kelainan genetik. Tanda-tanda bahwa Kamu memiliki kelainan genetik adalah neurofibromatosis. Neurofibromatosis ini akan menimbulkan benjolan menyerupai jerawat di berbagai bagian di kulit Kamu, termasuk di punggung Kamu, yang biasa dinamakan dengan neurofibroma. Neurofibroma merupakan benjolan yang terbentuk karena terganggunya pertumbuhan sel dalam tubuh sehingga tumbuh tumor pada jaringan saraf.

7. Kulit Mengalami Gangguan Kesehatan

Faktor bahaya ketujuh akan munculnya jerawat di kulit punggung Kamu adalah adanya kemungkinan bahwa Kamu mengalami gangguan kulit. Penyakit kulit tertentu telah terbukti akan memicu pertumbuhan jerawat parah di punggung dan juga di dada. Penyakit kulit seperti Pityriasis capitis dan seborhheic dermatitis dapat memicu proses pertumbuhan jerawat di kulit punggung Kamu.

Bagaimana Mencegah Dan Mengobati Jerawat Di Punggung

Agar jerawat tidak muncul, kita perlu memperhatikan kebersihan tubuh secara keseluruhan. Berikut beberapa cara untuk mencegah atau mengurangi munculnya jerawat di punggung.

1. Segeralah mandi setelah melakukan aktivitas yang menimbulkan banyak keringat. Jika tidak memungkinkan, gunakan produk yang mengandung asam salisilat untuk membantu menyegarkan kulit dan membuang minyak berlebih.

2. Hindarilah memakai tas punggung, karena ada beberapa kasus munculnya jerawat di punggung terkait pemakaian tas jenis ini. Pakailah tas pinggang atau tas selempang agar risiko jerawat di punggung kian kecil.

3. Cucilah punggung dengan pembersih yang memang diperuntukkan untuk kulit yang rentan terhadap tumbuhnya jerawat. Kemudian setelah kulit bersih dan kering, oleskan krim yang mengandung benzoil peroksida pada area punggung yang berjerawat.

4. Gunakan baju dari kain berserat alami atau kain yang bisa menjaga kulit sehingga tidak lembab.
Jika kulit Kamu kering, gunakan pelembap non-comedogenic. Kulit yang terlalu kering bisa menyebabkan munculnya jerawat.

5. Rutin mengganti seprai juga bisa mencegah punggung dan bagian tubuh lain terkena jerawat. Makin lama seprai digunakan, makin banyak sebum, sel-sel kulit mati, keringat, dan kuman bersarang di sana. Seprai berbahan katun lebih bagus karena tidak membuat kulit kita lembap saat tidur.

6. Hindarilah obat-obatan tertentu yang bisa memicu timbulnya jerawat di punggung. Beberapa obat yang mengandung androgen dan lithium bisa menyebabkan jerawat.

7. Jika pada tubuh Kamu telah berjerawat, cobalah cara ini untuk mengobatinya.
Beberapa bahan yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat secara mandiri tanpa resep dokter adalah benzoil peroksida, asam salisilat, dan sulfur. Namun ingatlah bahwa perawatan ini hanya untuk jerawat kategori ringan.

Lakukan perawatan kulit yang baik. Jagalah kebersihan tubuh dengan teratur membersihkan kulit terutama setelah berkeringat, mencuci rambut dan membilas sampai benar-benar bersih sehingga tidak ada conditioner shampoo yang tertinggal, dan hindari memencet jerawat.

Lakukan hal-hal pencegahan di atas dengan sungguh-sungguh dan hindari paparan sinar matahari secara berlebihan. Jika cara-cara di atas tidak mampu mengusir jerawat dari punggung Kamu, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dokter spesialis kulit akan memeriksa dengan saksama kondisi kulit Kamu. Mereka juga akan meresepkan obat-obatan jika diperlukan.

Bagaimana tanggapan Kamu mengenai tips menghilangkan jerawat diatas? bermanfaat?, atau Kamu punya pengalaman tersendiri tentang jerawat? jika Kamu punya tips jitu lainnya seputar jerawat, jangan sungkan untuk berbagi via kolom kmentar ya :)

Baca Juga Artikel Favorit Bang Uye lainnya:


Pesan Bang Uye

1. Buat kamu yang sudah membaca artikel ini Bang Uye sangat mengucapkan terima kasih bila kamu mau share artikel ini di facebook atau di twitter kamu

2. Dan buat kamu yang ingin mengambil isi artikel ini Bang Uye sangat berharap kamu melampirkan sumbernya dari website ini

Tolong Hargai Karena Untuk Membuat Artikel Tidaklah Mudah Dan Membutuhkan Ide Dan Waktu Yang Banyak

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Dan Bahaya Jerawat Punggung Serta Cara Pencegahan Dan Pengobatan"

Post a Comment