Bahaya Dan Dampak Negatif Minuman Keras Dan Cara Menghilangkan Kecanduan

Minuman Keras, Alkohol, Memabukkan: Bahaya, Efek Dan Dampak Negatif Serta Cara Menghilangkan Kecanduan


Bang UyeMinuman Keras, Alkohol, Memabukkan: Bahaya, Efek Dan Dampak Negatif Serta Cara Menghilangkan KecanduanMinuman keras adalah minuman yang mengandung etanol atau juga yang sering disebut sebagai minuman alkohol, Akibat minuman keras ini dapat menyerang tingkat kesadaran orang yang mengkonsuminya akibatnya orang yang mengkonsumsi akan mengalami mabuk.

Sebenarnya masayarakat kita sudah banyak yang tahu tentang bahaya dari akibat minuman keras atau minuman beralkohol ini. Salah satunya adalah menimbulkan kecanduan yang luar biasa, karena minuman keras atau minuman beralkohol ini mengandung zat aditif, yaituzat yang jika masuk ke tubuh manusia walaupun dengan jumlah sedikit akan menimbulkan efek kecanduan yang luar biasa. 

Masyarakat juga telah mengerti bahwa sebenarnya minuman keras ini dapat merusak syaraf secara perlahan. Berikut akibat minuman keras minuman beralkohol, yang dilihat dari kandungannya pasti teman-teman dapat mengira-ngiranya:

10 Dampak Negatif Alkohol Bagi Kesehatan:


1. Menyebabkan Kerusakan Saraf

Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak selain memabukkan juga dapat mengganggu sistem saraf otak dan menyebabkan kerusakan secara perlahan. Bahkan jika diminum dengan jumlah yang sangat banyak dan melebihi kapasitas tubuh, dapat menyebabkan overdosis dan kematian.

2. Menyebabkan Gangguan Jantung


Berbagai kandungan zat berbahaya dalam alkohol dapat menyebabkan kerusakan semua fungsi organ tubuh termasuk jantung. Mengkonsumsi alkohol secara rutin dan berlebih dapat menyebabkan gangguan jantung seperti meningkatnya denyut jantung, sesak napas, dada terasa nyeri, napas tersumbat dan serangan jantung.

Baca Juga Tips Kesehatan Dari Bang Uye lainnya:


3. Mengganggu Sistem Metabolisme Tubuh


Mengkonsumsi alkohol secara berlebih dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh. Dimana sistem metabolisme merupakan penghasil tenaga yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas. Itulah mengapa seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi alkohol selalu tidak bersemangat dan tidak berenergi saat beraktivitas, karena sistem metabolismenya telah terganggu. 

4. Mengganggu Sistem Reproduksi


Alkohol juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan reproduksi, seperti menurunkan gairah seksual, menyebabkan infertilitas, disfungsi ereksi dan ejakulasi dini. 

5. Menurunkan Kecerdasan


Kandungan berbagai zat berbahaya dalam alkohol menyebabkan kerusakan fungsi otak secara perlahan, termasuk menurunkan kecerdasan, konsentrasi dan daya ingat seseorang. 

6. Menyebabkan Kenaikan Berat Badan


Mengkonsumsi alkohol secara berlebih dan rutin setiap hari dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Kandungan kalori dan kadar gula yang tinggi dalam alkohol menjadi salah satu pemicu naiknya berat badan seseorang saat mengkonsumi alkohol. 


Baca Juga Tips Kesehatan Dari Bang Uye lainnya:


7. Mengganggu Fungsi Hati


Alkohol juga menyebabkan kerusakan pada hati. Kerusakan yang terjadi pada hati menyebabkan terganggunya fungsi hati, yakni menetralisir dan membuang racun dalam tubuh. 

8. Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Mengkonsumsi alkohol akan mengaktifkan hormon adrenalin dalam tubuh yang berfungsi meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah. Mengkonsumsi alkohol secara berlebih akan meningkatkan resiko terserang tekanan darah tinggi atau hipertensi. 

9. Menyebabkan Ketidaknyaman Dalam Tubuh

Seperti yang diketahui, alkohol memiliki efek memabukkan. Selain memabukkan, mengkonsumsi alkohol juga seringkali disertai dengan gejala fisik lain seperti sakit kepala, mual, muntah, nyeri, kecemasan dan lain sebagainya yang semuanya menyebabkan ketidaknyaman dalam tubuh.

10. Memperpendek Usia Seseorang

Berbagai kerusakan organ-organ tubuh yang terjadi akibat mengkonsumsi alkohol, memperbesar resiko kematian mendadak maupun mengurangi harapan hidup atau memperpendek usia seseorang.

Itulah 10 dampak negatif alkohol bagi kesehatan. Agar terhindar dari berbagai dampak negatif alkohol bagi kesehatan seperti di atas, tentu Anda juga harus menghindari dan tidak mengkonsumsi alkohol. Namun jika Anda telah terlanjur mengkonsumsi alkohol, bahkan telah menjadi pecandu, segera hilangkan kebiasaan buruk Anda.

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Kecanduan Alkohol atau Minuman Keras?


Sebenarnya tidak sulit untuk menghilangkan kecanduan alkohol atau minuman keras, harus dimulai dari diri sendiri dan niat yang kuat untuk benar-benar berhenti dari kecanduan alkohol. Selain itu dukungan dari orang lain juga menentukan. Ada baiknya minta support dari keluarga, sahabat, orang yang dihormati, dan lain-lain agar proses berhenti dari ketagihan berhasil.

Selain itu, bergabung dengan semacam komunitas anti minuman keras akan membantu menentukan keberhasilan. Peminum yang ingin berhenti sebaiknya menerapkan perubahan gaya hidup, Anda bisa terapkan pola hidup sehat dibawah ini:

1. Berkomitmen Untuk Berhenti

Jika Kamu ingin benar-benar berhenti minum alkohol Kamu harus berkomitmen pada diri sendiri. Buang jauh-jauh alkohol dari pikiran Kamu. Kamu juga harus tahu jika alkohol dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan. Nah jika memang Kamu kesulitan bagaimana cara berhenti dari kecanduan alkohol, konsultasikan dengan dokter atau konsultan tentang masalah Kamu agar dapat terbantu dan teratasi.

2. Minum Air Putih Lebih Banyak

Inilah cara yang paling sederhana dan efektif untuk mengatasi kebiasaan minum alkohol yaitu banyak minum air. Air putih bisa membersihkan racun didalam tubuh. Kamuharus konsumsi air putih sebanyak 2-3 liter/hari karena bisa melancarkan pembuangan racun-racun termasuk sisa alkohol dari dalam tubuh.


Baca Juga Tips Dari Bang Uye lainnya:


3. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Pecandu alkohol yang ingin berhenti sebaiknya memakan makanan yang sehat, terutama buah-buahan dan sayuran. Bumbu-bumbu yang keras seperti lada dan cabai sebaiknya dikurangi. Jus buah bit (beetroots) diyakini berkhasian membersihkan hati, sementara jus wortel mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kombinasikan jus buah bit, wortel dan apel karena mampu memurnikan tubuh dari racun-racun pengotor.

4. Mengkonsumsi Herbal dan Suplemen

Beberapa jenis herbal atau tumbuhan dan suplemen yang mengandung vitamin B dapat membantu mengurangi ketegangan fisik maupun psikis yang muncul selama proses detoksifikasi alkohol. Konsultasikan dengan dokter atau konsultan herbal, suplemen apa yang tepat dengan kondisi individual masing-masing.

5. Melakukan Olahraga

Salah satu faktor orang yang suka minum alkohol dikarenakan Kamu sering stres atau depresi. Kamu bisa redakan dengan olahraga secara teratur, lakukanlah olahraga yoga atau jogging pada pagi hari secara rutin. Dengan olahraga banyak potasium yang dikeluarkan bersama keringat, imbangi dengan lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Pisang, melon, tomat, jeruk sitrus dan sayuran hijau banyak mengandung potasium. 

6. Melakukan Terapi

Terapi disini maksudnya menyeimbangkan gelombang otak agar lebih stabil dalam berfikir dan bertindak. Terapi ini bekerja memberikan stimulasi pada otak agar otak Kamu mampu menghilangkan pikiran negatif dari minum alkohol. 

Baca Juga Artikel Favorit Bang Uye lainnya:

Pesan Bang Uye

1. Buat kamu yang sudah membaca artikel ini Bang Uye sangat mengucapkan terima kasih bila kamu mau share artikel ini di facebook atau di twitter kamu

2. Dan buat kamu yang ingin mengambil isi artikel ini Bang Uye sangat berharap kamu melampirkan sumbernya dari website ini

Tolong Hargai Karena Untuk Membuat Artikel Tidaklah Mudah Dan Membutuhkan Ide Dan Waktu Yang Banyak


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Dan Dampak Negatif Minuman Keras Dan Cara Menghilangkan Kecanduan "

Post a Comment