Komponen CPU serta fungsinya



Bang Uye - CPU (Central Processing Unit) adalah perangkat keras komputer (hardware) yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak (software). Istilah lain pemroses/prosesor (processor) sering digunakan untuk menyebut CPU.

Sebagai jantung dan otak dari komputer, CPU berfungsi layaknya kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya dan merupakan pusat kendali dari sistem komputer. Fungsi utama CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti keyboard, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus.

Selain itu CPU juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai berikut:
1. Memberi address (alamat) data dan program.
2. Memasukkan dan mengambil data.
3. Melaksanakan instruksi-instruksi secara berurutan.
4. Menghubungkan antara main storage (penyimpanan data utama) dan input/output devices.
5. Mengontrol kerja sistem.

Baca Juga:

Tips Serta Cara Menghadapapi Kegagalan

Manfaat Mandi Di Pagi Hari Bagi Kesehatan

Dampak Negatif Dari Kecanduan Masturbasi

Tips Pergi Liburan Bersama Teman

Komponen atau bagian-bagian dari CPU:

1. Casing

Casing adalah bagian terluar dari CPU. Berfungsi untuk menutupi dan melindungi komponen-komponen lain dari kotoran debu, dll. CPU juga memiliki fungsi sebagai dudukan atau tempat berdirinya komponen-komponen lain agar dapat berhubungan dengan kuat.

2. Processor

Sedikit ulasan processor adalah sebuah chip kecil yg berfungsi sebagai pemikir atau pemroses semua perintah yg diterima oleh CPU. Semakin tinggi tingkat processor-nya maka sebuah komputer akan semakin cepat juga memproses perintah dari aktifitas yg kita lakukan, dan tentunya harus diimbangi juga dengan komponen-komponen lainnya.

3. Harddisk

Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data. Jenis harddisk ada dua yaitu harddisk ATA dan SATA. Harddisk ATA menggunakan kabel IDE, sedangkan Harddisk SATA menggunakan kabel Serial SATA serta transfer data lebih cepat dibandingkan dengan serial ATA.

4. Memori 

Memori dalam CPU terbadi menjadi dua bagian yaitu RAM (random acces memory) dan ROM (read only memory). RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu. Jika komputer dimatikan, maka data di RAM akan hilang. Kecepatan membaca RAM ini lebih cepat jika dibandingkan dengan harddisk. RAM dapat diakses secara acak, dapat ditulis, diambil atau dihapus isinya oleh pemrograman.

Berbeda dengan RAM, ROM hanya bisa dibaca sehingga pemrograman tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM. ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dari program-program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer, seperti misalnya program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program.

Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan. Proses mengaktifkan komputer pertama kali disebut dengan booting, yang dapat berupa cold booting atau warm booting.

Isi ROM tidak boleh hilang atau rusak karena bila terjadi demikian, maka sistem komputer tidak akan bisa berfungsi. Oleh karena itu, untuk mencegahnya maka pabrik pembuatnya merangcang ROM sedemikian rupa sehingga hanya bisa dibaca, tidak dapat diubah-ubah isinya oleh orang lain. Selain itu ROM juga bersifat non volatile supaya isinya tidak hilang bila listrik komputer dimatikan.

5. VGA

Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Game dengan ukuran yg besar biasanya akan membutuhkan VGA dengan spesifikasi yg tinggi agar game tersebut dapat berjalan lancar ketika kita mainkan.

6. Sound Card











Dari nama komponen ini sepertinya kita sudah bisa menebak apa tugas dari sound card tersebut. Fungsinya adalah memerima sinyal digital dari komputer dan menjadi gelombang dan menghasilkan sinyal sonic. Jadi semua perintah suara yg ada di komputer kita sound card inilah yg memprosesnya sebelum mengeluarkannya melalui speaker.


7. Power Supply

Power supply merupakan bagian dari sistem komputer yang berfungsi untuk memberikan daya (sumber arus listrik) pada komponen-komponen komputer.
Power supply dibedakan atas daya yang dimiliki, seperti: 300 watt, 380 watt, 400 watt, 450 watt, 500 watt, 600 watt, dan berkembang mengikuti perkembangan teknologi komputer.

8. Optical Disk Drive

Optical Disk Drive atau sering disebut dengan cd/dvd room, merupakan sebuah perangkat yg berfungsi untuk membaca data apa pun yg telah kita masukkan ke dalam cd/dvd, dan beberapa macam tipe dari optical drive adalah: CD ROOM drive, CD-RW drive, DVD-ROOM drive, DVD-RW drive.


9. Motherboard

Motherboard (mainboard) atau system board terdiri dari panel-panel elektronik untuk menggerakkan system PC secara keseluruhan. Secara prinsip, sebuah motherboard terdiri atas beberapa bagian yakni sistem CPU (processor), sirkuit clock/timing, RAM, Cache, ROM BIOS, I/O port seperti port serial, port pararel, slot ekspansi, port IDE.

Motherboard atau disebut juga dengan papan induk adalah komponen paling utama pada komputer. Kualitas motherboard sangat berpengaruh pada kemampuan dukungan terhadap jenis dan kapasitas komponen lainnya serta batas kemampuan upgrade.

Motherboard berfungsi sebagai tempat semua alat utama CPU yang telah disebutkan di atas. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.

Kami Sangat Menghargai Dan Berterima Kasih Jika Anda Mau Memberikan Komentar Dan Share Berita Ini..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Komponen CPU serta fungsinya"

Post a Comment